Kunci Keberhasilan dalam Hidup

By | August 29, 2022

Hampir sama dengan penjelasan sebelumnya, bekal menjadi sukses dan berhasil dalam meraih apapun yang menjadi cita-cita, harapan, impian  dan anganmu adalah dengan memiliki sikap percaya diri itu sendiri.

Gak akan ada keberhasilan yang tidak diawali oleh rasa percaya diri, dalam serial spongebob pernah ada kutipan ‘No brave, No glory’ yang artinya tidak ada keberanian tidak ada kemenangan. Keberanian dibutuhkan baik itu berani saat bertindak maupun berani saat mengakui kegagalan itu sendiri. Saya sendiri sangat prihatin ketika melihat ada seorang anak yang pintar, tapi dia memiliki rasa minder yang cukup tinggi, saya tahu mungkin maksudnya ialah supaya tidak terlihat menonjolkan diri yang ujung-ujungnya adalah pamer dan mengharapkan pujian dari temen-temennya,  tapi dalam konteks ini, seharusnya ia lebih memberanikan diri dan percaya diri, karena memang percaya diri itu bukan ajang pamer, melainkan menunjukkan tingkat kepedean kita yang bertujuan untuk menguatkan mental dan menjadi berani, toh tujuannya pun bukan untuk menganggap orang lain rendah.

Lantas apa yang menjadi penyebab orang itu tidak percaya diri selain karena takut dibilang sombong atau pamer?? Come on it’s just showing off your self, banyak alasan mengapa seseorang menjadi underestimate atau merasa dirinya inferior, jika masih malu, maka syukuri itu, karena malu untuk melakukan yang tidak baik dan tidak berguna adalah tanda iman, tapi jangan jadikan alasan untuk tidak percaya diri ke hal baik, di dunia ini membutuhkan orang-orang pintar yang percaya diri, orang-orang kuat yang percaya diri, orang-orang baik yang percaya diri, orang-orang cerdas yang percaya diri dan seterusnya. Semakin kamu dibutuhkan maka semakin mahal harga yang dapat kamu tetapkan, bukankah selama ini kamu berkeinginan menjadi orang yang berguna bagi orang lain?? Lalu apakah dengan mindermu itu bisa menjadi berguna? Apakah orang lain mendapatkan manfaat dari rasa mindermu itu? Sebagian dari orang yang tidak menginginkanmu untuk berhasil mereka akan mendapatkan manfaat dari rasa mindermu itu, karena semakin minder maka semakin tertunda keberhasilanmu itu, masih memilih untuk minder?? Pikir seribu kali lagi? Terus kalau kita masih belum pintar, belum bisa berprestasi, atau hanya punya kemampuan biasa-biasa aja, apakah kita berhak untuk percaya diri?? Hey come on, setiap orang berhak untuk menjadi percaya diri, malahan harus menjadi percaya diri, apapun kekurangan yang dapat kamu atau orang lain dari diri kamu bukan berarti itu menjadi penghalang kamu untuk menjadi percaya diri, percaya diri itu adalah hak, keberhasilan itu juga hak, setiap kita adalah pribadi unik yang pasti memiliki kemampuan yang tidak dimiliki orang lain, maka tugas kita adalah menemukannya, maka dengan percaya diri itulah kita akan lebih mudah menemukan apa sebenarnya yang menjadi bakat terpendam dan akan menjadi sesorang seperti apa nanti? Semakin cepat menemukan semakin baik dalam menentukan langkah menuju arah kedepan, disinilah yang kemudian menjadi pembeda antara orang yang percaya diri dan yang minder, maka pantas saja jika ia lebih cepat berhasil daripada mereka yang minder. Koq dari tadi membanding-bandingkan terus antara orang pede dan orang minder?? Emangnya dosa menjadi orang minder tuh? Woles, saya tidak bermaksud mendeskreditkan siapapun yang minder, saya hanya ingin kamu menjadi berhasil dan percaya diri, memang tidak dosa untuk menjadi orang yang minder tapi apakah itu tidak rugi orang yang menghabiskan waktu hidupnya hanya untuk berlari dan bersembunyi dibalik rasa takut dan tidak berani keluar dari sikap block mental untuk melakukan yang seharusnya dilakukan, semakin banyak yang percaya diri maka saya akan semakin tersenyum bahagia, karena bangsa ini sangat membutuhkan penerus-penerus yang penuh percaya diri, ingatlah bahwa ketika percaya diri dan berani, katakana ini ‘Aku pede bukan karena aku bisa dan mampu melakukannya tapi karena niatku baik’.

Leave a Reply

Your email address will not be published.