Sugesti atau Mantra Sakti yang Bisa Bikin Percaya Diri

By | August 30, 2022

Kali ini saya akan mengajarkan mantra sakti untuk membangun dan meningkatkan rasa percaya diri, setiap orang punya gaya masing-masing dalam mensugesti agar menjadi percaya diri, BTW apa sih yang namanya sugesti itu? Apa ya, sebenarnya sugesti itu berasal dari kata suggestion (Bahasa Inggris) yang artinya saran, anjuran, atau bisa juga diartikan bisikan, mungkin makna yang tepat untuk kali ini adalah bisikan yang diucapkan berulang-ulang untuk menguatkan, meyakinkan, dan menjadikan seseorang menjadi seperti apa yang disugestikannya itu.  kata yang diulang-ulang memang akan sangat kuat sekali mempengaruhi sikap dan rasa percaya diri, misalnya “Aku Yakin, Aku Pasti Bisa” ketika mengucapkannya secara berulang dan terus menerus maka itu akan sangat mempengaruhi, seseorang yang selalu disugesti dengan pikiran-pikiran yang positif maka segala bentuk ucapan, tindakan, dan perbuatannya pun akan menjadi posistif pula, karena di otak kita terdapat banyak kata yang dapat kita pilih, mau positif atau pun negatif semua sudah tersedia dan ada di bank otak kita, itu sebabnya David J Schwartz dalam bukunya The Magic of Thinking Big mengatakan “Anda adalah Apa yang Anda Pikirkan mengenai Diri Anda” dalam bukunya juga menjelaskan bahwa jika kita berpikir bisa maka kita akan benar-benar bisa, dan sebaliknya. Semakin sering mengumbar dan menebar bibit ketakutan dalam diri semakin merasa tidak percaya diri, sebenarnya yang sangat menghantui seseorang menjadi minder dan tidak percaya diri adalah dirinya sendiri, bukan orang lain, termasuk yang menjadikan seseorang percaya diri pun adalah karena orang itu sendiri, ingat jangan terus-terusan minder hilangkan sikap mencela diri sendiri.

Setiap kali kita berhasil memunculkan alasan untuk mider dengan sugesti yang mengikis rasa percaya diri, bersamaan dengan itu juga akan merasa nyaman dalam kepalsuan rasa enggan untuk bertindak, misalnya kamu diminta untuk berpidato di depan kelas oleh gurumu, maka sugesti “pengikis” percaya diri itu akan tiba-tiba muncul ‘Ah males, biarin temen aja yang maju’ atau mungkin ‘gak ah, malu, aku nggak bisa’ dan masih banyak lagi yang muncul dalam diri kita ini untuk melakukan block mental dan membatasi yang sebenarnya bisa kita lakukan hanya jika kita percaya diri, inilah caranya biarkan mampu menghilangkan negative suggestion yaitu melawannya dengan positive suggestion yang selalu berbunyi, ‘Ya, Aku Pasti Bisa’ dan yang paling penting adalah sugesti ‘Aku Pede, Aku Percaya Diri’ mantra atau sugesti ini sebenarnya sering saya gunakan karena saya juga peminder kelas berat, itu sebabnya saya selalu mencoba meyakinkan diri saya dengan sugesti ‘Aku Pede, Aku Percaya Diri’ hasilnya cukup menakjubkan, saya merasa lebih percaya diri dan orang-orang tidak pernah mengetahui jika saya peminder kelas berat sebelumnya, karena yang mereka lihat adalah yang sekarang bukan pada saat mindernya dan sedikit demi sedikit saya mulai sembuh dari penyakit minder itu sendiri.

Banyak sekali di moment-moment tertentu saya menggunakan beberapa mantra sakti (Baca; sugesti) untuk menguatkan diri saya sendiri dan bahkan setiap kali saya hendak presentasi atau berbicara dihadapan orang banyak saya selalu mensiasati untuk tampil se-pede mungkin dengan sugesti berikut ini;

“Saya yakin, saya pasti bisa, saya mampu melakukan ini, saya sangat antusias dan berani, cekatan, komunikatif dan benar-benar hebat”

Seperti itulah yang sering saya ucapkan secara berulang, ingat saat kamu membaca sugesti yang kamu buat, jangan membaca terlalu keras dan harus dipahami bahwa ini niatnya adalah menguatkan sikap dan rasa percaya diri kamu, silakan kamu buat sendiri sugesti seperti apa dan untuk menguatkan apa itu terserah kamu, buat se-khas mungkin yang mencirikan kamu banget, artinya jangan pake kata-kata orang lain tapi pake kata-kata dari kamu sendiri, yang perlu diingat di sini, saat membuat kalimat sugesti jangan menggunkan kalimat negative yang walaupun isinya positif misalnya “aku nggak minder” langsung aja bikinya “Aku percaya diri” ini adalah salah satu cara membuat sugesti karena kalimat negative itu lebih susah untuk diterjemahkan kedalam bahasa subconscious mind atau pikiran alam bawah sadar, saat kamu diminta untuk “Jangan membayangkan gajah” justru kamu malah memikirkan gajah, kalau tidak percaya silakan coba tutup mata dan masukan sugesti “jangan membayangkan gajah ” pasti yang terbayang dan dipikirkan adalah gajahnya, ya nggak? So untuk membuat kalimat sugesti harus langsung dan lugas, “aku pede, aku percaya diri, aku pintar , cerdas dan pasti bisa” loh katanya nggak boleh sombong? Koq sekarang malah mengakui diri sebagai orang yang pede, percaya diri, pintar, cerdas dan pasti bisa? upss ingat ini sugesti yang tujuannya untuk menguatkan diri bukan menyombongkan diri dan bahkan ini hanya diucapkan secara lirih (hanya terdengar oleh diri sendiri) dan juga untuk menghilangkan kebiasaan mencela diri sendiri dengan underestimate dan merasa inferior serba nggak bisa. udah kelihatan bedanya? Bagus dah, ini sangat boleh dan tidak dilarang loh, khan biar jadi pede alias percaya diri toh?

Setelah tau gimana cara buat sugesti dan afirmasi, sekarang saatnya praktek dah, ambil kertas dan tulis sugesti dengan kata-kata kamu sendiri, buat sebagus mungkin  yang kira-kira dapat menyemangatimu, dan jadikan itu yel-yel pribadi bahkan tempel di tempat yang biasa kamu liat, misalnya di kamar, atau di buku harian kamu, so dengan begitu kamu bakal sering membaca sesuatu yang bisa menyemangatimu untuk menjadi percaya diri, menjadi lebih yakin dan merasa mampu tanpa harus merasa takut dengan kegagalan, Yes kamu pasti Bisa!!

Program latihan secara pribadi dan dengan biaya murah, caranya sangat sederhana yaitu berlatihlah dengan hanya memikirkan sesuatu yang positif (yang baik-baik aja) dan menyemangatimu, baik dengan sugesti, pikiran maupun tindakan, bergaul dengan teman-teman yang saling menyemangati dan mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran (Al – Asr) secara rutin tanpa terputus dan jika kamu benar-benar melakukannya dalam satu minggu tanpa jeda, maka akan terlihat perbedaan yang luar biasa dari kebiasaanmu sebelumnya, masih muda sudah percaya diri dan optimis sungguh sangat mengagumkan, bandingkan orang yang melewati hari-harinya dalam keluhan dan rasa takut, apakah mereka menikmati setiap detik hidupnya? Ini sangat kontras berbeda dengan mereka yang mensyukuri hidupnya dengan percaya diri yang diiringi sikap optimis dan berpikir positif di segala hal situasi dan kondisi, maka pantas saja orang-orang yang seperti ini memiliki kualitas berbeda daripada yang lainnya, sekarang semua pilihan ada di tanganmu, mau pede atau minder? berpikir positif atau negatif? bersyukur atau mengeluh?  berkualitas atau biasa-biasa aja? Sukses atau gagal? Berbahagia atau sedih? Gembira atau galau? mudah atau Susah? Cekatan atau lamban? Pintar atau bodoh? Maju atau mundur? Dan seterusnya.

Saya yakin pilihanmu adalah pilihan pertama, ya khan?

“Hidup adalah pilihan walaupun sebenarnya kita tidak punya pilihan lain selain pilihan yang baik ”

-Mario Teguh-

Leave a Reply

Your email address will not be published.