Ini yang Akan Menjadi Pembeda

By | August 31, 2022

Penutup dan sekaligus menjadi ringkasan dan jurus pamungkas bagaimana melejitkan percaya diri? Sebenarnya halaman ini tidak diperlukan jika memahami semua bab dari awal, akan tetapi seperti yang dikatakan, ini adalah ringkasan dari seluruh isi catatan ini, berikut ini tips jitu untuk melejitkan percaya diri atau PeDe:

Baca Buku Ini Sampai Selesai

Dengan membaca ini berurutan dan sampai selesai maka kamu akan menemukan cara bagaimana menjadi pede itu selain itu juga dipaparkan cara-cara agar menjadi percaya diri termasuk juga alasan kenapa harus memilih menjadi percaya diri daripada minder, banyak hal yang akan kamu dapati, saya sarankan untuk tidak membaca sekali saja, melainkan bisa dibaca berulang-ulang kali terutama di bagian yang belum dimengerti dan jangan menghabiskan membaca dari awal sampai selesai tapi pahami terlebih dahulu mengenai pembahasan yang baru dibaca, pahami dan cermati secara perlahan agar bisa benar-benar mengerti apa yang dimaksudkan didalam buku ini, kalau hanya membaca sekilas saja dan loncat dari satu pembahasan ke pembahasan yang lain maka hasilnya tidak akan maksimal malah menjadi membingungkan.

Kenali Dirimu

Inilah yang menjadi tombak awal alasan kenapa harus menjadi percaya diri, tidak ada orang yang tahu persis mengenai dirimu selain kamu sendiri, karena kamu lah satu-satunya yang paling tahu akan kekurangan dan kelebihanmu, mulai dari sekarang kenali dirimu, kenali kekurangan dan kelebihanmu, ganti kebiasan buruk dengan kebiasan baru yang baik, dengan begitu akan muncul rasa percaya diri itu secara alami dari dalam diri kamu.

Hapus Sikap Menunda

Kalau ada ide baru segeralah untuk bertindak, jangan suka menunda apalagi mengenai pekerjaan yang memang harus segera dikerjakan, seperti mengerjakan PR, mencuci, menyapu, dan lain  sebagainya, lihatlah contoh orang yang suka menunda, apakah ia percaya diri? Padahal jika kita menunda suatu pekerja yang harusnya hari ini kita kerjakan sama halnya kita mempersulit hari esok, kita menunda hari ini itu sama artinya kita menambah beban untuk hari esok, bukankah itu sikap yang tidak adil kepada diri kita sendiri? Yuk mulai dari sekarang bangun kebiasaan untuk menyegerakan melakukan sesuatu hal, semakin cepat semakin baik.

Miliki Cita-Cita dan Impian

Yakini setiap hak kita untuk berhasil, semua orang punya kesempatan untuk berhasil dan meraih apa yang diimpikannya itu, hanya dengan memiliki kesungguhan impian, akan menjadikan sikap yang tekun dan percaya diri yang selalu optimis pada setiap kesempatan dan semakin akan membuat kamu menjadi lebih pede lagi, buatlah perencanaan cita-cita jangka pendek dan jangka panjangnya, agar lebih mudah dalam mengambil sikap dan menjadi tidak bingung.

Berani

Setiap orang pasti memiliki rasa takut, rasa takut itu ada bukan untuk didiamkan tapi dikelolah dengan baik, maksudnya ialah ketika kamu takut melakukan sesuatu, cobalah untuk tanyakan kembali pada diri sendiri, atau pada saat kamu minder, tanyakan dalam hati, apa sih yang sebenarnya saya takuti? Takut tidak kelihatan bagus? Takut salah? Takut apa? Terus tanyakan dalam diri lalu munculkan pertanyaan, kenapa harus takut? Gini aja koq takut? Buat pertanyaan yang berbeda dan terbalik dari rasa takut yang menghatuimu, maka perlahan semua rasa takut itu hilang, cara ini pernah saya lakukan ketika mau periksa darah (diambil darahnya untuk test lab) dan berhasil.

Positive Thinking

Pikiran yang berulang-ulang akan menjadi sikap, sikap yang terus dilakukan akan menjadi kebiasaan, dan kebiasaan yang berulang pun akan menjadikan karakter bahwa itu adalah kamu, so pastikan apa yang dipikirkan, diucapkan, dan dilakukan selalu hal yang positif dan hal baik, terus berlatih untuk hanya selalu memikirkan atau memasukan dalam otak dengan hal-hal baik saja, setelah itu perhatikan perubahan positifnya, yang pasti akan menjadi lebih positif lagi, semua yang ada disekitar pun akan terlihat indah dan merasa semuanya is gona be okay artinya baik-baik aja dan benar-benar hidup menyenangkan dan selalu membawa keceriaan setiap hari, gunakan juga teknik sugesti agar menjadi lebih positif.

Perspektif yang Tepat

Banyak orang minder itu disebabkan karena menaruh perspektif yang berlebihan terhadap orang lain, mereka menganggap orang lain sangat-sangat hebat sehingga dia lupa dengan kualitas dan kemampuan dalam dirinya, padahal orang lain pun sama hampir memiliki banyak kesamaan sikap termasuk juga suka menganggap orang lain lebih hebat, nah kalau orang lain saja menganggap kamu hebat, masa masih minder aja? Tunjukan kualitas dirimu dan jadilah yang percaya diri.

Ubah Kekhawatiranmu

Ketika mau maju, dan merasa ah nanti kalau salah gimana ya? Ubah dengan ’setidaknya saya mencoba meskipun nanti salah’ harus dipahami bahwa tugas kita untuk mencoba bukan untuk betul menjawab, karena di dalam mencoba kita akan tahu cara-cara yang benar, jangan takut mencoba. Jika kamu khawatir mengenai perspektif (omongan/komentar) orang ganti perspektif itu dengan ‘orang lain pun berpikir sama, mereka menganggap orang lain (termasuk saya) hebat, jadi apa yang harus ditakutkan???’ semakin mampu membenamkan rasa takut, semakin muncul binar-binar keberanian dalam diri.

Temukan Bakat Terbaikmu

Dengan bakat yang hebat maka kamu akan menjadi lebih percaya diri dalam hal apapun, karena akan merasa ada yang diandalkan, nah bagaimana jika belum tahu sebenarnya apa sih bakat saya? So cobalah untuk menekuni berbagai hal mulai dari yang kamu sukai, bisa memulai dengan menulis, membuat diary, menyanyi, berolahraga dan lain sebagainya lalu lihat dan perhatikan mana yang menurut kamu lebih nyaman dan kamu bisa menjadi yang terbaik dibidang yang disukai itu, bakat akan selalu ditemukan dengan memunculkan minat terlebih dahulu dan kemudian mengasahnya menjadi apa yang kamu obsesikan selama ini.

Perbanyak Motivasi

Motivasi terbesar dan terkuat adalah motivasi yang alami datang sendiri dari dalam, untuk membangun kepedeanmu, saya sarankan untuk sering-sering baca buku tentang motivasi, nonton film yang mengandung motivasi atau acara tv tentang motivasi seperti Golden ways dan masih banyak lagi, selain itu juga ikuti acara-acara kegiatan yang positif dan mengembangkan potensi diri, serta jangan malu jika ada yang memberikan saran atau nasihat dari orang lain selain dari orang tuamu, motivasi juga bisa di dapatkan dari orang tua, karena biar bagaimana pun pengalaman mereka jauh lebih banyak daripada kita, maka kita selayaknya meminta nasihat dan motivasi dari orang tua agar apa yang kita lakukan nanti dapat dihadiahkan keberhasilan kita kepada kedua orang tua kita, mereka akan bangga jika anaknya bisa berhasil dan menjadi anak yang berbakti kepada orang tuanya.

Bergaul Dengan Orang Pede

Sedikit banyak lingkungan atau teman akan sangat mempengaruhi pola pikir dan tingkat percaya diri, semakin sering bergaul dengan peminder dan hater maka hati dan pikiran kamu pun akan terpengaruh dan menjadi hater plus peminder, ini yang bahaya, sudah minder tapi membenci orang pede bahkan ngata-ngatain sombong dan inilah yang disebut penyakit hati, sangat berbahaya sekali, jadi mulai sekarang yuk bergaul dengan orang-orang pede, bukan berarti nggak boleh bergaul sama siapa aja, tapi maksudnya adalah kita lebih intens bergaul dengan mereka yang pede dan selalu berpikir dan bertindak yang positif dan baik-baik aja. Bukankah jika kita bergaul dengan penjual minyak wangi kita akan ikut jadi harum juga atau minimal bisa dapet diskon lah kalau mau beli hehehe

Berlatih

Pede juga perlu latihan loh, tanpa latihan yang sering maka susah rasanya menjadi pede, setiap ada kesempatan yang menuntut sikap dan mental percaya diri, selalu tampillah dan maju untuk ambil bagian, jangan jadi orang yang betah duduk dibelakang, buktikan bahwa tanpa harus sembunyi pun kamu tetap berani, latih terus mental kamu, gunakan kesempatan yang ada, dimanapun kapanpun dan kepada siapapun, sudah bukan jamannya lagi untuk malu minder apalagi merasa nggak hebat, nggak kompeten dan nggak bisa, pokoknya maju terus urusan gagal itu sudah bukan keharusan yang membebani pikiran dan menghalangi tindakan, jangan malu, dan ini sama sekali tidak malu-maluin.

Berdoa

Koq berdoa ditaruh paling ujung sob?? Eits jangan salah ini tujuannya mengingatkan, biasanya orang itu yang paling diingat adalah dibagian akhir, iya kan? Setelah melakukan serangkaian latihan dan bekerja keras untuk menjadi orang pede jangan lupa untuk berdoa dan meminta pertolongan dari yang maha kuasa yaitu kepada Allah SWT, maka dengan begitu niat pedemu itu akan dicatat sebagai amal ibadah yang nantinya akan mentenagai upaya kamu menjadi percaya diri, ingat pede itu bukan takabur tapi bentuk rasa syukur J

‘setiap ada keinginan pasti ada jalan, dan setiap kesusahan pasti akan ada kemudahan, teruslah berusaha, karena siapa yang bersungguh-sungguh dialah yang akan mendapatkan’

Leave a Reply

Your email address will not be published.