Pertarungan dalam Benak Pikiran antara Si Pesimis dan Si Optimis

By | August 31, 2022

Perbandingan sederhana antara orang pede sama peminder, diharapkan setelah mengetahui pembanding dari perbedaan antara pede dan minder, menjadikan lebih memilih untuk pede daripada minder, sebelum membaca ini pun sebelumnya pasti sudah tahu perbedaan minder dan pede.

Pilihan yang tepat jika memilih menjadi orang yang percaya diri, peminder selalu mengatakan aku tidak bisa, sangat beda sekali untuk orang pede, bahkan apapun yang dilakukan serasa ringan dan ditenagai oleh rasa percaya diri itu sendiri, orang pede akan dengan yakin mengatakan dalam dirinya saya yakin saya pasti bisa, dan ketika salah atau gagal orang yang pede akan mengakui bahwa itu adalah kesalahannya dan meminta izin untuk memperbaiki dan mencobanya lagi, dari situ terlihat sekali kalau orang yang pede itu sama sekali tidak memiliki beban berat dalam melakukan hal baik yang memang seharusnya dilakukan, tanpa ada beban keraguan ‘aku bisa nggak ya?’ yang selalu menjadi bayang-bayang semu dan membatasi diri dalam melakukan tindakan yang padahal memang harus dilakukan.

Suara-suara keraguan itu memang akan selalu tetap ada pada setiap orang, namun bukan berarti dijadikan sebagai alasan untuk menjadi peragu yang minder dalam menghadapi segala hal, apabila kita melatih kemampuan mengambil keputusan kita akan menjadi ahli dalam mengambil keputusan dan tindakan dan menjadikan kita lebih percaya diri, salah satu cara menjadi ahli dalam mengambil keputusan adalah dengan memulai tidak ragu dalam mengambil keputusan.

Setelah bisa mengambil keputusan segeralah untuk bertindak dan hapus yang namanya sikap menunda yang selalu berkata ‘ah ntar aja’ atau dengan nada-nada sinis yang pernah dikatakan oleh Squidward Tantacle dalam serial film kartu Spongebob yang mengatakan ‘mengapa kita harus melakukannya hari ini jika kita bisa melakukannya besok’ lihat betapa culasnya Squidward ini yang sangat suka menunda dan mempunyai sikap apatis (masabodoh/terserah), itu sebabnya sebagai bukti orang pede apabila sudah memutuskan sesuatu hal maka segeralah bertindak, emang apa lagi yang mau kamu tunggu?? Karena semakin menunda akan semakin ragu dan kembali lagi menjadi seorang peminder, bukankah dalam agama kita selalu diperintahkan untuk segera melakukan pekerjaan yang lain setelah selesai mengerjakan sebuah pekerjaan? Kalo sudah tau begini, so ngapain kita tunda-tunda lagi, segera action dan sangat disarankan sekali, apabila kita sudah bertekad (azam) maka berserah dirilah (tawakal) kepada Allah SWT, maksudnya jika kamu ragu akan suatu hal maka tentukanlah suatu keputusan itu dan jika sudah ditentukan segera bertindak dan berserah diri hasilnya kepada Allah, artinya kamu lakuin aja apa yang sudah menjadi keputusanmu biar Allah yang memutuskan hasilnya (hal yang tidak bisa kamu lakukan), bukankah dengan begitu kamu aka menjadi tenang dengan apa yang menjadi keputusanmu? Begitu indahnya logika iman itu, kita hanya diberi kewajiban melakukan apa yang bisa kita lakukan sementara sisanya diluar batas kemampuan kita, maka kita serahkan kepada Allah SWT, keren dah pokoknya.

Sudah tau perbandingan antara si peminder dan si pede? Terus sudah menentukan pilihan untuk menjadi pede? Good. Sikap kita hanya akan menjadi berkembang saat kita mulai terbuka untuk memilih, hampir mirip dengan parasut, parasut hanya akan dapat digunakan jika sudah mengembang dan terbuka, sehingga tekanan angin dari bawah akan membeberkan dan menerbangkan parasut dan dapat membuat orang yang mengendalikannya mendarat dengan selamat, apa yang terjadi jika parasut tidak terbuka dan mengembang? Sudah pasti orang yang di dalamnya akan celaka, karena tidak bisa mendarat dengan sempurna, itulah analogi dari pikiran kita, pikiran kita pun akan sangat berguna ketika terbukan dan berkembang, dengan begitu menjadikan ketika mudah menerima nasihat baik dan menentukan keputusan baik terutama yang berkaitan dengan percaya diri, bukan tidak mungkin jika kita terlalu keukeuh dan kaku dengan pendirian lama yang terbukti tidak menjadikan percaya diri maka kita pun akan susah menerima nasihat untuk menjadi pede, yuk mulai sekarang buka pikiran, buat keputusan yang baik, latih membuat keputusan, segera bertindak dan hasilnya tinggal berserah saja, jika ada yang salah, ambil sebagai tanggungjawab pribadi, jangan salahkan orang lain, kemudian jangan takut untuk mencoba lagi dan tetaplah menjadi percaya diri, karena orang yang percaya diri akan selalu percaya pada kemampuan diri sendiri dan selalu berpikir optimis.

Sangat mengagumkan sekali apabila bisa menjadi orang yang percaya diri, antusias, semangat dan memiliki sikap percaya diri, teruslah berkarya dan jadilah orang pede yang tetap jadi mengagumkan karena memberikan manfaat bagi sesama, bukankah itu yang menjadi harapan dan doa orang tua selama ini? Bukankah itu yang ingin kamu bentuk dari dirimu sendiri? Namun semua tidak akan tercapai tanpa memiliki sikap mental percaya diri terlebih dahulu yang menguat dalam diri, yang mengokohkan setiap niat.

“Peminder selalu suka menunda dan ragu dalam segala hal sementara orang yang pede akan segera melakukan walaupun itu nantinya salah, kemudian berani ambil tanggung jawab pribadi untuk segera memperbaiki dan mencobanya lagi”

Leave a Reply

Your email address will not be published.